Karakteristik Pemrogramman Berorientasi Objek
Pada OOP terdapat 3 sifat yang mendasar, yaitu :
Pada OOP terdapat 3 sifat yang mendasar, yaitu :
- Encapsulation
- Inheritance
- Polymorphis
==Encapsulation==
Pembungkusan suatu variable dan method pada suatu objek yang terlindungi. Selain itu pada Encapsulation juga disediakan interface yang digunakan untuk mengakses variable yang ada didalam objek. Sebagai contoh kita semua tahu bahwa binatang kucing dan katak dapat berlari, tetapi kita tidak perlu mengetahui bangaimana cara kedua binatang tersebut berlari. Pada binatang katak untuk melarikan diri dengan melompat, hal ini berbeda dengan binatang kucing tetapi keduanya dapat berlari.
Untuk pemahaman lebih lanjut perhatikan contoh listing program berikut:
Pada contoh diatas untuk file Binatang.java tidak ada perubahan.
Listing methodBinatang.java

==Inheritance (Pewarisan)==
Perhatikan contoh berikut :
File Binatang.java(sebagai blueprint)
File kucing.java (method turunan dari induk/Binatang)
Penciptaan Objek dari kucing
File kucingHutan.java
Hasil Compile dan Run
==Polymorphism==
Pada contoh diatas untuk file Binatang.java tidak ada perubahan.
Listing methodBinatang.java
Hasil Compile
==Inheritance (Pewarisan)==
Pada OOP, sebuah objek dapat diwariskan atau diturunkan atribut/variable dan methodnya ke objek anak, dengan key extends. Pada bagian inheritance ini kita kenal beberapa istilah superclass dan subclass. Superclass adalah objek induk dan subclass adalah objek turunan dari superclass. Sebagai contoh objek kucing kita sebut superclass dan objek turunan dari kucing misal kucing anggora, kucing hutan, kucing arab dan kucing-kucing lainnya kita sebut sebagai subclass.
Perhatikan contoh berikut :
File Binatang.java(sebagai blueprint)
File kucing.java (method turunan dari induk/Binatang)
Penciptaan Objek dari kucing
File kucingHutan.java
Hasil Compile dan Run
==Polymorphism==
Polymorphism membuat objek-objek yang berasal dari subclass yang berbeda, diperlakukan sebagai objek-objek dari satu superclass. Hal ini terjadi ketika memilih method yang sesuai untuk diimplementasikan ke objek tertentu berdasarkan pada subclass yang memiliki method bersangkutan.
Suatu objek yang sama dapat memiliki lebih dari satu bentuk atau perilaku. Sebagai contoh seekor kucing dalam menerima respon akan menggerakkan kaki depannya dan berlari. Pada objek lain misal seekor katak dalam menerima respon akan melompat, hal ini terjadi pada objek yang sama tetapi dalam proses menerima respon memiliki tindakan yang berbeda.
Sumber : www.sampara.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar